Housekeeping Departemen
Housekeeping
A.Tugas dan Tanggung Jawab.
Housekeeping berasal dari kata house yang bearti rumah, wisma, hotel,
dan to keep yang bearti merawat atau
memelihara. Jadi housekeeping adalah
bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan,
memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan
agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan
menyenangkan penghuninya. Housekeeping
departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan,
dan kenyamanan kamar (guest
room), ruangan umum, restauran, bar, outlet
lainnya
Housekeeping departemen, bagi sebagian
besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu
yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan
dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran
yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping
department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.
Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan
pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu maka housekeeping
harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
Tanggung Jawab bagian
housekeeping meliputi area :
1. Ruang
tamu (guest room)
2. Gang
( corridor)
3. Restauran
dan banquet ( restaurant and banquet hall)
4. Ruang
kantor ( office )
5. Locker
karyawan ( employee Locker)
6. Toilet
karyawan ( Toilet locker )
7. Toilet
tamu ( guest toilet )
Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan
suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
2. Memberikan
pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas
saat berkunjung maupun menginap di hotel.
3. Penyiapan,
penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
4. Bertanggung
jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar